Sabtu, 02 April 2011

TEORI GEOPOLITIK

“Negara seperti halnya organisme yang hidup, selalu harus tumbuh dan berkembang. Jika tidak tumbuh dan berkembang akan mati”. Friedrich Ratzel (1844-1904)

”Siapa pun yang bisa menguasai Heartland maka ia akan mampu menguasai World Island”. Karl Ernst Hausofher (1896-1946)

” Barang siapa menguasai Eropa Timur dia akan memegang kendali Heartland, barang siapa menguasai Heartland dia akan menguasai World Island, dan barang siapa menguasai World Island dia akan menguasai dunia”. Sir Halford Mackinders (1861-1947)
Friedrich Ratzel mengatakan bahwa sebuah negara sama halnya seperti sebuah organisme. Organisme membutuhkan ruang untuk hidup, begitu pun sebuah negara. Negara memerlukan ruang yang cukup untuk bisa tumbuh dengan maksimal. Semakin besar ruang geografi yang ditempati oleh suatu negara, maka makin besar pula kemungkinan negara tersebut untuk tumbuh. Sama halnya dengan organisme, hukum alam juga berlaku dalam perkembangan negara tersebut. Hanya bangsa yang unggul yang akan tetap eksis/bertahan dalam kelangsungan hidupnya. Bukan hanya bisa untuk mengembangkan dirinya, tapi sebuah negara juga harus dapat mengimbangi atau malah mengungguli perkembangan negara lainnya. Bangsa yang lemah akan tertinggal dari bangsa yang lain. Teori Ratzel ini menimbulkan negara negara yang sudah berkembang lebih dulu pada masa itu seperti Jerman, aktif melakukan ekspansi ke negara negara lain. Dampak negatifnya adalah timbulnya paham chauvinisme. Chauvinisme adalah paham yang manganggap bahwa kelompaknya adalah yang benar. Dan yang lainnya adalah salah. Paham ini sangat mungkin menimbulkan perselisihan sampai kekerasan dengan kelompok kelompok yang tidak sepaham dengan kelompoknya, apalagi dengan kelompok yang berseberangan paham dengan kelompoknya.
Karl Hausofher menyatakan bahwa penguasa dari Heartland akan dapat menguasai World Island. Hausofher sebenarnya hanya mengadaptasi dari teori Mackinder tentang Heartland dan World Island. Keduanya sama sama berpandapat bahwa untuk menguasai dunia harus menguasai World Island, dan untuk menguasai World Island harus menguasai Heartland. Hanya saja Hausofher mengatakan bahwa Heartland yang dimaksud adalah Asia Tengah dengan World Islandnya adalah kawasan timur tengah. Sedangkan Mackinder menganggap bahwa Heartland adalah Rusia/Eropa Timur dan World Islandnya adalah Eurasia. Kedua anggapan ini didasarkan pada ketersediaan minyak bumi yang melimpah baik di timur tengah maupun di Rusia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar