Sabtu, 01 Desember 2012

contoh perusahaan yang kurang memperhatikan etika bisnis

  1. Suatu Perusahaan X yang terletak di Timur Indonesia. Perusahaan X tersebut berdiri sudah sangat lama tapi perusahaan X tidak melihat kesejahteraan masyarakat di sekitarnya. Perusahaan ini hanya mengambil kekayaan alam di Pulau itu. Lihat dari SDM di perusahaan tersebut, hanya beberapa masyarakat asli yang di rekrut. Pendidikan masyarakat di sekitar masih terbelakang. Sarana dan Prasarana yang dibuat hanya untuk kebutuhan perusahaan tersebut. Padahal hasil bumi yang dieroleh sangat banyak untuk keuntungan Perusahaan X tersebut.
  2. Di pulau Jawa terdapat perusahaan X yang telah menenggelamkan hampir seluruh desa dengan pengeborannya. Perusahaan X tidak memiliki etika bisnis, karena hanya mementingkan keuntungan perusahaan saja. Akibatnya Masyarakat harus kehilangan harta dan kehidupan yang layak, belum lagi pembayaran ganti rugi yang dilakukan sangat terlunta-lunta.
Kesimpulan :
Perusahaan-perusahaan diatas tidak memiliki etika bisnis yang baik terhadap lingkungan sekitarnya. Mungkin saja pemikiran awal dari mereka yaitu untuk mendapatkan keuntungan yang besar, tanpa memperhatikan kondisi alam ataupun masyarakat sekitar yang nantinya akan menjadi korban dari ulah meraka.
Saran   :
Sebagai perusahaan yang memiliki konsumen yang banyak sebaiknya gunakan produk yang sesuai dan perhatikan juga dampak dari produk yang digunakan. Sebaiknya sebelum mendirikan perusahaan, perhatikan lingkungan di sekitar perusahaan, baik SDM, Pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat. Jangan hanya meraup isi buminya tapi lihat juga penduduk sekita.
Sumber :
  1. http://imarookie.wordpress.com/2011/01/07/contoh-etika-bisnis-pada-beberapa-perusahaan/
  2. http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/11/contoh-kasus-etika-bisnis-2/
  3. http://agungaw.wordpress.com/2011/12/21/beberapa-contoh-perusahaan-melanggar-etika-bisnis/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar